Breaking News

Header Ads

SUNRISE EXPRESS - Interior Ekslusif Kereta Tidur Jepang Seperti Hotel Berbintang

Tahun 1960 merupakan batu loncatan bagi peningkatan perekonomian negara Jepang, termasuk juga kemajuan dibidang perkereta-apian. Kereta modern berkecepatan tinggi pertama kali dibuka dan dioperasikan pada tahun 1964, begitu juga dengan beragam kereta express dan kereta malam yang melintasi seluruh wilayah Jepang. Semuanya ketenaran kereta unik dan cantik milik jepang itu berawal pada tahun 1964, dan itu semua berawal dari kereta tidur milik Sunrise. Namun, setelah popularitas kereta tidur Jepang memuncak pada tahun 1970-an, kemudian negara Jepang melebarkan jaringan kereta "peluru", rute penerbangan domestik, bus malam dengan harga yang lebih murah, hingga akhirnya ini semuanya seakan memudarkan popularitas kereta tidur Jepang. (Takeshi Shimomura)

sunrise express
Image Credits: ajitk55

Sunrise Express

masinis sunrise express
Image Credits: Rob Goss

Hingga saat ini tersisa Sunrise Seto dan Sunrise Izumo, kereta tidur yang masih beroperasi secara regular. Jika dilihat dari luar, dua kereta ini jika disambungkan maka panjangnya akan terlihat seperti 14 gerbong yang disejajarkan dengan rapi.

Sunrise Izumo merupakan kereta malam yang beroperasi antara Tokyo dan Yonago, Matsu dan Izumoshi di area Sanin. Kereta ini dibantu oleh Sunrise Seto yang bergerak di antara Tokyo dan Okayama.

Sunrise Express memiliki banyak akomodasi. Salah satu yang terkenal pada kereta Sunrise Express adalah bagian "Nobi-Nobi", kalau di Indonesia biasa disebut "Lesehan". Memang terkesan tidak begitu nyaman, karena kalian hanya bisa duduk dan tidur di bagian "Lesehan" atau "Nobi-Nobi". Bahkan pada bagian ini terkesan anda akan kurang memiliki privasi yang nyaman karena hanya dibatasi oleh sebuah tirai antara satu dengan yang lainnya. Walaupun begitu, ternyata masih banyak penumpang yang berminat berkendara pada bagian ini.

Pada artikel kali ini, saya akan mencoba menjelaskan sedikit banyak tentang Sunrise Express yang akan kami lengkapi juga dengan berbagai varian photo-photo yang unik.

Jadwal dan Rute

stasiun takamatsu

Pertama kali, saya akan membagikan mengenai Rute dan Jadwal dari Sunrise Express di Jepang. 
Pada saat arah kembali, dua kereta ini berjalan dari starting point mereka, lalu berkumpul kembali di Okayama. Lalu tujuan akhir mereka adalah Tokyo. Setiap harinya kedua kereta tersebut berangkat pada pukul 10 malam dari Kota Tokyo dan sampai ditujuan pada pukul 7.27 pagi (Takamatsu) dan 9.58 pagi (Izumo). Salah satu manfaat dari menggunakan kereta tidur ini adalah, para traveler bisa menghemat pengeluaran untuk tidak menginap di hotel.

map rute sunrise express

Stasiun ke Izumoshi   Stasiun ke Tokyo
Tokyo 22:00   Izumoshi 18:51
Yokohama 22:24 Shinji 19:06
Atami 23:23 Matsue 19:27
Numazu 23:40 Yasugi 19:45
Fuji 23:54 Yonago 19:56
Shizuoka 00:20 Niimi 21:20
Hamamatsu 01:12 Bitchu-Takahashi 21:48
Osaka - Kurashiki 22:14
Sannomiya - Okayama 22:34
Himeji 05:25 Himeji 23:55
Okayama 06:27 Sannomiya 00:13
Kurashiki 06:46 Osaka 00:34
Bitchu-Takahashi 07:14 Hamamatsu -
Niimi 07:43 Shizuoka 04:38
Yonago 09:03 Fuji 05:09
Yasugi 09:13 Numazu 05:26
Matsue 09:30 Atami 05:43
Shinji 09:45 Yokohama 06:44
Izumoshi 09:58 Tokyo 07:08

Jika kalian melihat jadwal diatas, kalian dapat bepergian pada malam hari dari Osaka ke Tokyo. Namun sebaliknya, Kereta dari Tokyo tidak berhenti di Osaka. Jika kalian ingin menggunakan kereta ini dari Tokyo, maka kalian dapat bisa turun di Stasiun Himeji, kemudian mengambil kereta cepat ke Osaka.

Bagaimana Cara Melakukan Reservasi/ Pemesanan

Sebenarnya agak sulit untuk bisa melakukan reservasi untuk kereta ini, khususnya bagi para turis asing. Soalnya tidak ada pemesanan tiket secara online. Satu-satunya cara agar bisa mendapatkan kesempatan untuk naik kereta ini adalah dengan langsung melakukan booking di stasiun pada bagian Midori no Madoguchi (bagian pemesanan).

Satu lagi resiko jika kalian ingin menaiki kereta ini adalah kalian akan kehabisan tiket karena banyaknya peminat kereta ini. Jika kalian terburu-buru untuk sampai di tujuan kalian, maka kereta ini sangat tidak recommended. Tapi jika kalian ingin berwisata dan merasakan kenyamanan kereta ekslusif ini, silahkan untuk datang di stasiun dan mengantri agak lama. 

Akomodasi

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya diatas, para pengguna JR Pass (Japan Rail Pass) bisa menggunakan area "Nobi-Nobi" yang telah dipesan tanpa harus membayar extra. Tapi kalian harus membayar biasa akomodasi dan biaya tambahan jika ingin menggunakan akomodasi lainnya. 

Silahkan lihat dibawah ini terkait detail dari akomodasi yang ditawarkan oleh Sunrise Express:

Kursi "Nobi-Nobi"

nobi-nobi
Image Credits: W0746203-1

Sebenarnya "Nobi-Nobi" bukanlah sebuah kamar tidur,lebih mengarah pada area untuk duduk dan berbaring. Seperti yang saya katakan diatas tadi, lebih mirip seperti "Lesehan". Kalau menurut kami, tempat ini lebih nyaman dari pada kursi kereta pada umumnya, karena kalian bisa berbaring ataupun duduk "selonjoran". Tapi belakang, area ini jadi sangat sudah untuk dipesan karena bagian ini adalah kursi yang memiliki harga paling terjangkau bagi para pelancong atau backpacker. Tapi tidak ada salahnya jika kalian untuk mencoba memesan kereta ini jika kalian sedang berada di Jepang.

area nobi-nobi
Image Credits: Rob Goss

Untuk sebuah kereta malam / kereta tidur, area ini sangat nyaman sekali. Namun perlu kalian ketahui bahwa sebuah partisi kecil (sekitar 50 cm) antara "Nobi-Nobi" satu dengan yang lainnya. Sayangnya tidak ada tirai / korden pemisah, sehingga kalian tidak bisa mendapatkan 100 % privasi di dalam kendaraan umum. 

fasilitas nobi nobi
Image Credits: Takeshi Shimomura

Disamping jendela, terdapat sebuah tempat untuk menaruh botol atau gelas minum. Perlu kalian ketahui juga, bawah area ini tidak menyediakan stopkontak, sehingga ini juga harus dipertimbangkan.

luas nobi nobi
Image Credits: Takeshi Shimomura

Namun, sekali lagi, bagian ini hanya dilapisi oleh sebuah karpet tipis. Jadi mungkin kalian yang tidak terbiasa, akan merasa sedikit tidak nyaman untuk duduk terlalu lama. Saran kami, cobalah bawa matras atau selimut untuk jadi alas untuk tidur kalian menjadi lebih nyaman.

fasilitas nobi nobi
Image Credits: Takeshi Shimomura

Walaupun begitu, pihak Sunrise Express juga tidak sebegitu "pelit" kok. Buktinya mereka masih menyediakan selimut dan juga sarung bantal. Bukan bantal ya, sarung bantal, jadi kalian diminta untuk membawa sesuatu untuk dijadikan bantal dan mereka menyediakan selimutnya.

Single Deluxe

sekilas ruangan single deluxe sunrise express
Image Credits: Takeshi Shimomura

Menurut kami, ini adalah bagian terbaik dari kereta ini. Untuk mendapatkan area Single Deluxe kalian akan dikenakan Tarif Express dan Tarif Kamar. Tapi bagian ini dapat dikatakan "Worth It". Karena selain memiliki kasur dengan lebar 85 cm dan panjang 196 cm, area Single Deluxe terletak pada bagian atas di gerbong double decker. Jadi, selain dapat kamar ekslusif, anda juga dapat bonus pemandangan yang indah ketika kereta ini berjalan. Meja, kursi dan wastafel tersedia di kamar ini. Hanya saja kereta ini tidak menyediakan showe di dalam kamar tidur. Lokasi shower mandi terpisah, dan yang bisa menggunakan shower hanyalah yang memiliki "Shower Card". Fasilitas extra ini sudah include di dalam tarif Single Deluxe.

Sekilas gambaran kamar tidur Single Deluxe

kasur tidur single deluxe
Image Credits: Doulgas Perkins

kasur single deluxe
Image Credits: Takeshi Shimomura

Selain itu, kasur nyaman dan luas untuk tidur semalaman.

fasilitas single deluxe
Image Credits: Takeshi Shimomura

Ada jendela yang lumayan besar untuk melihat pemandangan saat kereta sedang melaju, namun dapat kalian tutup jika ingin tidur dengan korden.

meja kursi wastafel cermin sunrise express
Image Credits: Takeshi Shimomura

Terdapat meja dan kursi kecil, serta wastafel dan sebuah cermin. Tidak lupa, kamar Single Deluxe menyediakan stopkontak bagi anda untuk melakukan re-charge.

Image Credits: Takeshi Shimomura

Selain itu, masih banyak tambahan servis yang diberikan oleh pihak Sunrise Express bagi anda pengguna Singe Deluxe. 

Single

Image Credits: ウォルサム

Single adalah kamar yang paling banyak terdapat di Sunrise Izumo. Semua kamar tidur single terletak pada area lantai atas. Karena lokasinya yang berada di lantai atas, maka tinggi kamar ini maksimal hanya sebatas 180 cm, sehingga akan sedikit terasa sempit bagi penumpang yang berukuran tinggi.

Image Credits: Takeshi Shimomura

Ini adalah lorong dari gerbong Single. Bisa dilihat pada gambar sebelah kiri, terdapat tangga untuk turun ke area bawah.

Image Credits: Takeshi Shimomura

Pada kelas Single, selain disediakan kasur dan bantal, pihak Sunrise Express juga menyediakan baju tidur dan stop kontak didekat kasur tidur.

Image Credits: Takeshi Shimomura

Walau kelas Single hanya sebatas tempat untuk tidur, selain nyaman anda juga disediakan gelas untuk minum. Jadi jangan lupa bawa bekal yang cukup ya. Supaya kalian tidak kelaparan dimalam hari.

Solo

Image Credits: Takeshi Shimomura

Solo adalah versi lain dari Single. Ukuran kasur yang disediakan adalah 196 cm x 70 cm. Terkadang ada kasur yang ukuran lebarnya 56 cm. Kelas Solo terletak di gerbong yang sama dengan kelas Single. Namun kelas Solo ada yang terletak di bagian atas dan juga bawah. Namun perlu diketahui, tinggi dari kamar Solo sangat terbatas, khususnya dibagian lantai bawah. Untuk ukuran ruangan, Single masih lebih besar ketimbang Solo. Dan Single masih lebih recommended daripada Solo.

Kasur tidur untuk kelas Solo bagian atas. Pihak Sunrise Express masih tetap menyediakan selimut dan juga baju tidur untuk para penggunanya. 

Image Credits: Takeshi Shimomura

Karena ruangan yang terbatas, sehingga sangat disarankan untuk tidak membawa barang bawaan yang terlalu besar. Sebab untuk menaruh barang saja, kalian hanya bisa menaruhnya di tangga naik. Walaupun kecil, kamar ini juga memiliki kunci pintu digital, kalian bisa membuka dan menutupnya dengan kode yang diberikan saat anda berhasil melakukan reservasi kamar ini.

Image Credits: Takeshi Shimomura

Untuk kasur yang terletak agak tinggi, tetap terdapat stop kontak yang berada tepat di sisi kasur.

Image Credits: Takeshi Shimomura

Untuk kasur yang terletak di bawah/ lantai, maka kalian harus barang diantara kasur dan pintu masuk. Ruangannya sangat terbatas, jadi sangat tidak disarankan untuk melakukan hal yang tidak-tidak. 

Image Credits: Takeshi Shimomura

Sepertinya, bentuk tangga untuk kasur yang terletak diatas ikut mengurangi luas dari kamar yang letak kasurnya berada dibawah. Tapi untuk kasur yang berada dibawah, stop kontak terletak di dekat pintu masuk.

Single Twin

Image Credits: Takeshi Shimomura

Kamar ini bisa dipakai untuk single atau double room. Karena satu kamar ada dua kasur. Bukan kesamping tapi kasur tingkat dua. Kalau bisa dapat kasur yang dibawah ya, karena kasur yang diatas hanya bisa untuk tidur, tidak bisa untuk berdiri.

Image Credits: Takeshi Shimomura

Terdapat tangga untuk naik ke kasur tinggkat dua.

Image Credits: Takeshi Shimomura

Baik kasur bawah maupun atas terdapat jendela besar disisi kasur.

Sunrise Twin

Image Credits: Takeshi Shimomura

Untuk kamar yang ini adalah standard bagi twin room. Terdapat dua kasur berukuran 196 cm x 75 cm di dalam kamar kelas Sunrise Twin. Kamar ini sangat cocok bagi para pelancong yang pergi berdua selama di Jepang. Yang jelas, kamar ini lebih nyaman dibanding kelas Single Twin. Kamar ini terletak di bagian bawah dari kereta Sunrise Express. Yang jelas, hanya tersedia 4 kamar dengan kelas Sunrise Twin. Jadi sedikit lebih susah untuk di booking.

Interior Sunrise Twin
Image Credits: Takeshi Shimomura

Terdapat satu lemari untuk barang bawaan dari dua penumpang.

Ruang Santai (Lounge)

Image Credits: Takeshi Shimomura

Selain kamar tidur dan tempat duduk, kalian juga dapat menemukan sebuah ruangan untuk bersantai atau Lounge Space. Kalian bisa mencarinya di gerbong 3 dan 10.

Image Credits: Takeshi Shimomura

Ruang santai ini terbuka untuk publik. Setidaknya terdapat 2 meja dan 8 kursi di dalam satu lounge.

Image Credits: Takeshi Shimomura

Jika kalian bosan dikamar, kalian bisa bersantai disini sambil makan dan minum. Selain itu, terdapat juga vending machine yang isinya minuman-minuman dingin yang bisa kalian dapatkan.

Image Credits: Rob Goss

Jika kalian masih bosan juga, silahkan untuk sesekali berjalan di gerbong, maka anda melihat keindahan pemandangan alam yang ada disekitar desa-desa Jepang yang indah.

Shower Room

Shower terletak di gerbong 3 dan 10. Tapi sebelum bisa menggunakan shower tersebut, kalian harus membeli shower card dulu di vending machine yang tersedia di gerbong 3 dan 10. Dengan harga 260 Yen, kalian bisa menggunakan shower selama 6 menit. Namun kartu ini dijual sangat terbatas dikarenakan air yang juga terbatas.

Jika kalian stay di kelas Deluxe, maka showernya terdapat di gerbong 4 dan 11. Shower ini terdapat di gerbong yang sama dengan kelas Deluxe. Namun, shower ini hanya dikhususkan untuk pengguna kelas Deluxe saja. Untuk penumpang lain, harus mengantri di gerbong 3 dan 10. 

Image Credits: Takeshi Shimomura

Cara menggunakan shower ini juga sama seperti pada umumnya. Untuk pengguna kelas Deluxe, mereka akan mendapatkan additional berupa handuk secara gratis, namun ini tidak berlaku untuk penumpang lainnya. Jika penumpang selain kelas Deluxe, maka mereka harus mempersiapkan peralatan mandinya secara mandiri. Namun, sabun dan shampoo tersedia secara gratis.

Jika sudah berada didalam shower, maka akan terdapat sebuah mesin untuk memasukkan kartu Shower Card yang anda miliki. Namun saran saya, lebih baik kalian bersiap sedia untuk mandi, karena ketika kalian telah memasukkan kartu, maka jam digital akan segera berjalan. Waktu yang diberikan untuk para pengguna shower tersebut adalah 6 menit.

Image Credits: Takeshi Shimomura

Walaupun mendapatkan waktu 6 menit,  kalian masih bisa memberhentikan waktu ketika kalian sedang tidak menggunakan air, hal ini untuk menghemat penggunaannya. Namun jika kalian telah keluar dari shower, maka penggunaan shower sudah tidak dapat diulang, meskipun kalian masih memiliki sisa waktu.

Toilet

Image Credits: Takeshi Shimomura

Toilet tersedia disemua gerbong, namun perlu diketahui bahwa tiap pagi toilet sangat penuh.

Image Credits: Takeshi Shimomura

Kalian juga bisa sikat gigi di toilet, karena toilet lumayan besar.

Susunan Kereta

susunan kereta sunrise express

Kereta yang berasal dari Tokyo susunan keretanya adalah seperti ini, gerbong 1 sampai dengan 7 adalah Sunrise Seto, sedangkan gerbong 8 hingga 14 adalah Sunrise Izumo. Sebaliknya, gerbong 1 sampai dengan 7 adalah Sunrise Izumo, dan 8 hingga 14 adalah Sunrise Seto, kalau susunan seperti ini adalah Sunrise Express yang menuju ke Tokyo.

Tarif dan Biaya Akomodasi

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya bahwa area Nobi-Nobi adalah gratis, tapi kalian harus menambah biaya jika ingin memesan kamar tidur dengan berbagai kelasnya.

Cara Menghitung Tarif

Terdapat 3 tarif dasar pada kereta Sunrise Express.
tarif dasar sunrise express
Kursi Nobi-Nobi kursi reguler bagi para penumpang, jadi tidak perlu biaya extra untuk mendapatkannya.

Tarif Dasar

tarif tujuan sunrise express

Biaya Tambahan

Jika kalian ingin menggunakan kamar dengan JR Pass, kalian harus membayar biaya tambahan diatas tarif dasar yang telah ditentukan sebelumnya. Namun jika hanya ingin menempati area Nobi-Nobi, maka biaya tambahan ini tidak diperlukan.

Jika kalian menggunakan tiket reguler dan ingin melakukan booking sebuah kamar tidur, kalian harus memberikan biaya tambahan diatas tarif dasar dan biaya akomodasi.
biaya sunrise express

Biaya Akomodasi

Biaya ini dibutuhkan jika kalian ingin menggunakan sebuah kamar. Semua harga dibawah ini adalah biaya akomodasi per kamar.
biaya akomodasi sunrise express

Cara Menghitung Tarif Anak Kecil

Anak kecil berumur 5 tahun kebawah mendapatkan free ticket atau dia tidak harus membayar. Namun kalian harus berbagi tempat duduk dengan mereka.

Jika kalian membawa anak berumur 6 - 11 tahun dan berbagi tempat duduk dengan mereka, maka anak tersebut harus membayar separuh dari harga yang ditetapkan. Selain itu, untuk anak kecil juga tersedia JR Pass khusus anak-anak. JR Pass Child mengkover semua. 

Saat ini, selain Sunrise Seto/Izumo, terdapat banyak perusahaan Kereta Jepang yang mencoba untuk menarik para kostumer baru dengan menawarkan kereta tidur yang istimewa. Kereta yang seperti ini biasanya menawarkan fasilitas setara dengan hotel bintang 5, seperti lounge, perapian, ruang makan disertai pemandangan panorama dari lantai ke lantai, sertai menu yang dirancang oleh Koki berbintang Michelin. Adapun harga yang perlu kalian keluarkan adalah sebesar sekitar +-$ 10.000.

Post a comment

0 Comments